Kegiatan Melatih Saraf Motorik dan Konsentrasi

Kegiatan Melatih Saraf Motorik dan Konsentrasi

Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Pada dasarnya, perkembangan ini berkembang sejalan dengn kematangan saraf dan otot anak. Sehingga, setiap gerakan sesederhana apapun, adalah merupakan hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan system dalam tubuh yang dikontrol oleh otak.

Berbagai kegiatan dilakukan di Green Kids Daycare Bekasi untuk melatih saraf motorik dan konsentrasi anak didik. Salah satunya adalah kegiatan meronce.

 

 

Baca juga : Visi dan Misi GreenKids Daycare Bekasi

Diharapkan dengan kegiatan meronce ini, memberikan banyak manfaat bagi anak didik di Greenkids Bekasi Daycare antara lain :

  1. Meronce membutuhkan kelincahan tangan dalam mengambil pernak-pernik dan memasukkannya ke dalam benang satu per satu. Semakin anak sering melatihnya, semakin anak akan mudah dalam melakukan aktivitas ini. Otot tangan anak akan lebih kuat. Hal ini tentu sangat bagus untuk mempersiapkannya dalam kegiatan menulis, yang butuh kekuatan dan kelenturan otot tangan memainkan pena/pensil.
  2. Suatu kata (dalam bacaan) terdiri dari rangkain huruf-huruf yang berjajar rapi sesuai pola tertentu. Anak yang melakukan kegiatan meronce, akan memiliki kemampuan mengatur suatu bentuk ke dalam pola tertentu. Mungkin pada awal mulanya anak akan acak saja dalam meronce. Namun, lama kelamaan mereka akan menggunakan pola, apakah merah dulu , hijau dulu, balok dulu, dan seterusnya. Dengan demikian, anak mengenal pola; yang akan memudahkannya membaca nanti.
  3. Meronce membutukan konsentrasi, yaitu saat anak memilih benda apa yang akan dimasukkan ke benang selanjutnya. Meronce juga butuh konsentrasi tatkala anak memasukkan benda itu kepada benang.

 

 

CLOSE
CLOSE