Kalimat yang Tidak Boleh untuk Anak (2)

Posted by on Mar 11, 2015 in Blog, Pendidikan | 0 comments

Kalimat yang Tidak Boleh untuk Anak (2)

Dear Mom,
mungkin artikel berikut bisa membantu :

 

Keempat :

“Tante minta ciumnya, dong!”

Anda tidak akan mau mencium orang lain secara otomatis saat ada yang bilang mereka minta cium Anda, kan? Begitu pun anak-anak. Hormati wilayah personal mereka dan beri kontrol mengenai siapa yang boleh mendapat afeksi mereka.

Kelima :

“Kenapa kamu enggak bisa kayak…”

Membandingkan anak dengan anak lain, entah itu saudara kandungnya atau teman sekolahnya sama artinya Anda menanamkan bibit kerusakan di dalamnya. Merasa lemah dan tidak baik bisa memicu anak yang akan “meledak” di suatu waktu dan pertikaian di antara saudara. Ketimbang membuat mereka merasa rendah diri dibanding kelebihan orang lain, pujilah ia akan hal-hal baik yang ia bisa, tawarkan bantuan di area yang mereka kurang kuasai.

Keenam :

“Kamu nakal sekali!”

Adalah hal yang sangat buruk untuk melabeli anak dengan “nakal/badung/bandel”, karena mereka akan berpikir itu adalah jati diri mereka dan berusaha untuk membenarkan Anda. Coba tunjukkan ketidaksukaan Anda akan sikap yang tak baik, jangan anaknya.

Ketujuh :

“Cepetan, dong! Mama tinggal, Ya!”

Menanamkan isu bahwa Anda akan meninggalkannya bukan hal yang disarankan. Anak tak tahu apakah Anda benar-benar akan meninggalkannya atau tidak. Meski sebenarnya Anda hanya bercanda atau menakut-nakuti, alias ancaman kosong. Bersabarlah menunggunya dan sadari anak-anak amat mudah teralihkan pikirannya, dan cari cara lain untuk mempercepat persiapannya beranjak.

 

Baca juga :

Kalimat yang Tidak Boleh buat Anak

Mengakali Anak Susah Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE