Kalimat yang Tidak Boleh untuk Anak

Posted by on Mar 11, 2015 in Blog, Pendidikan | 0 comments

Kalimat yang Tidak Boleh untuk Anak

Dear Mom,
mungkin artikel berikut bisa membantu :

 

Ada saat-saat tertentu ketika orang tua merasa tak sabaran menghadapi anaknya. Marah dan frustasi kadang memicu ucapan yang tak diperhitungkan dengan seksama. Awalnya kita pikir kata-kata itu akan menghilang begitu saja dan tak berpengaruh pada anak, toh, orang tua dari kita sendiri mengucap kata-kata itu ke kita. Jangan salah, ada kata-kata yang seringkali memiliki dampak besar pada emosi dan psikologis anak. Ada beberapa kalimat yang sebaiknya dihindari saat berbicara dengan anak. Apa saja?

Pertama :

“Kamu seharusnya malu sama diri sendiri”

Kata “malu” adalah emosi yang destruktif dan seringkali memicu rasa bersalah yang sangat mendalam. Meski setiap anak bertingkah nakal, amat penting bagi mereka untuk mengerti mengapa tingkah mereka itu salah dan ia harus paham bahwa adalah hal yang wajar bagi setiap manusia untuk melakukan kesalahan, dan yang terpenting adalah kita semua belajar dari kesalahan itu.

 

Kedua :

“Karena Mama bilang begitu!”

Anak-anak merespon pada aturan saat mereka melihat alasan di baliknya. Habiskan beberapa detik untuk membantu mereka mengerti mengapa, agar mereka bisa melihat Anda sebagai figur otoritas yang pantas untuk dihormati ketimbang sebagai diktator.

 

Ketiga :

“Mama enggak peduli kamu mau apa!”

Kadang, saat ada lebih dari 1 anak yang harus Anda puaskan, sulit untuk bisa memberikan mereka semua apa yang mereka mau. Kadang, saat mereka merengek di saat bersamaan karena meminta hal-hal yang berbeda, tanpa sadar, banyak orang mengatakan kata-kata semacam ini kepada anaknya. Namun, hal ini bisa membekas di pikiran anak-anak, karena mereka akan berpikir bahwa Anda tak peduli pada kebutuhannya, dan imbasnya mereka bisa tidak menghormati Anda. Ingat, menghadapi emosi mereka tidak berarti menyerah dan memenuhi permintaan mereka.

 

Keempat

 

Baca juga :

Mengapa Anak Berperilaku Buruk ?

Kalimat yang Tidak Boleh buat Anak

Curhat untuk Anak itu Perlu

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE