PELATIHAN MANAJEMEN USAHA JASA TAMAN PENITIPAN ANAK

Day Care/ Taman Penitipan Anak (TPA) mampu menjawab kebingungan pasangan suami istri yang kedua-duanya bekerja. Manfaat yang akan didapatkan oleh pasangan suami istri yang menitipkan anaknya di day care antara lain anak akan belajar bersosialisasi dengan teman-temannya, anak akan mendapatkan pengetahuan, wawasan serta keterampilan yang bisa meningkatkan kemampuan anak.

Salah satu indikator keberhasilan day care adalah adanya sarana dan prasarana yang memadai.

Tujuan diselenggarakannya day care menurut Direktorat Pembinaan PAUD (2011) adalah memberikan layanan kepada anak usia 0-6 tahun yang terpaksa ditinggal orang tua karena pekerjaannya atau halangan lainnya, memberikan layanan yang terkait dengan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang, mendapatkan perlindungan dan kasih sayang, serta hak untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosialnya.

Usaha jasa Penitipan Anak ( DAY CARE )  merupakan bisnis rumahan yang tidak akan pernah ada habisnya. Bisnis ini akan selalu  menjadi kebutuhan masyarakat, sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan kehidupan manusia.  

Dijaman yang serba modern ini, Usaha Jasa Penitipan Anak sangat diperlukan bagi mereka yang tidak memiliki waktu  terutama di kota-kota besar atau mereka yang hidup disekitar perkantoran, perumahan, dll.

Saat ini hampir sebagian besar orang tua disibukkan dengan aktifitas masing masing  untuk mencari nafkah diluar rumah. Dengan demikian  kebutuhan pengasuhan anak menjadi sangat penting bagi setiap keluarga.

Jalan satu-satunya untuk masalah anak biasanya diserahkan kepada baby sitter atau menitipkan anak ketempat Usaha Jasa Penitipan Anak  atau yang dikenal dengan istilah DAYCARE. 

Usaha Day Care ini lebih diarahkan untuk pendidikan tumbuh kembang anak. Jadi manfaatnya bukan hanya sekedar menitipkan anak, tetapi juga memberikan kontribusi dalam pertumbuhan fisik dan perkembangan intelegensia anak.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut Green Kids Daycare bermaksud akan  mengadakan Pelatihan Manajemen Bisnis Daycare.

Adapun maksud dan tujuan dari Pelatihan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan  kepada para  Calon Pengusaha Daycare tentang Tata Kelola Bisnis usaha dimaksud.

Mengapa Pelatihan ini menjadi sangat penting ? Karena walaupun kegiatan Penitipan Anak terlihat sederhana, namun banyak hal yang harus direncanakankan, dipersiapkan dan dipertimbangkan untuk memulai jenis usaha ini. Mulai dari tempat kegiatan, perencanaan bisnis, perencanaan keuangan, promosi dan cara cara memasarkan usaha, termasuk Desain Layout dan Set Up Ruangan serta lingkungan usaha.

Disamping itu kebutuhan SDM yang trampil mutlak dibutuhkan, terutama dalam hal mengasuh, mengasah, dan mengasihi anak. Dalam hal ini memang dibutuhkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Untuk ini tentu dibutuhkan beberaba pendamping anak-anak yang professional. Sewa tenaga ahli misalnya Psycholog juga diperlukan dalam mengembangkan usaha ini.

Sarana operasional, yakni alat alat yang menunjang atau  yang akan  digunaakan dalam operasional usaha antara lain:

  1. Alat Bermain Anak, yang bisa disesuaikan dengan usia anak.
  2. Makanan Kebutuhan anak
  3. Perangkat Perlengkapan bayi dan Balita
  4. Peralatan administrasi seperti alat tulis kantor dan komputer.

Disamping itu, tentunya harus direncanakan persiapan keuangan, termasuk didalamnya investasi awal dan biaya operasional. Untuk Tenaga Ahli tentunya membutuhkan biaya lebih tinggi karena keahliannya.

Untuk promosi tahap awal mungkin masih bisa dilakukan secara mouth to mouth, sebab usaha jasa ini tingkat keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh rasa kepercayaan. Namun untuk kedepannya pengetahuan dan skill untuk mempromosikan dan memasarkan Usaha Jasa ini  harus dikuasai dengan baik.

Mengingat banyaknya hal hal yang harus dpersiapkan dan direncaanakan untuk memulai Usaha Jasa Daycare tersebut, maka tentunya dukungan sistem Manajemen yang profesioanal mutlak diperlukan. Untuk itulah Gren Kids Daycare akan membekali para Peserta dan mereka yang berminat mengikuti Pelatihan agar memiliki pengetahuan dasar tentang Manajemen Bisnis Daycare.

Adapun Materi Pelatihan akan meliputi:

  1. Kiat dan langkah merintis usaha fasilitas penitipan anak
  2. Analisis usaha Fasilitas Penitipan Anak.
  3. Promosi dan Pemasaran
  4. Pengaturan dan pemelihara Lingkungan Perawatan Anak yang Aman, Bersih, dan Terorganisasi dengan Baik
  5. Manajemen Sistim Pelayanan Bisnis Daycare
  6. Penyusunan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM )

Pelatihan akan diselenggarakan selama dua hari, bertempat di Gedung DILO Bekasi (tentative), dan akan dipandu oleh Pemateri yang profesional dan berpengalaman dibidangnya, praktisi daycare.

Biaya Pelatihan sebesar Rp. 1.750.000/orang

Peserta akan mendapatkan fasilitas Pelatihan berupa:

  1. Modul Materi Pelatihan
  2. Buku Daycare
  3. (dua) x Coffee Break
  4. 1 (satu) x Lunch
  5. Sertifikat

Untuk informasi pelatihan hubungi :

Telp/WA. 085284722237 (Wury)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE