Pohon Pinus – Habitat, Sebaran, Morfologi, Manfaat, Budidaya & Pelestarian Hutan

Pohon Pinus – Habitat, Sebaran, Morfologi, Manfaat, Budidaya & Pelestarian Hutan

Jul 7, 2022 by admin

Mengetahui Pohon Pinus dan cemara adalah pohon dalam satu ragam yang sama, ialah ragam coniferous evergreen. Coniferous evergreen yakni ragam pohon yang tumbuh menyusun kerucut dan mempunyai daun berwarna hijau sepanjang tahun (tak berubah warna mencontoh musim).

Tapi sesungguhnya, pinus dan cemara tidaklah sama, sebab berasal dari genus dan familia yang berbeda. Perbedaan ragam pohon coniferous evergreen susah dibayangkan, bila kita tak membandingkannya secara seketika.

Biasanya, ragam pohon yang diciptakan pohon natal pada buku dan film yakni ragam pohon fir atau pohon spruce. Keduanya adalah pohon dari familia Pinaceae, tetapi berasal dari genus yang berbeda, ialah genus Cedar (pohon fir) dan genus Picea (pohon spruce).

Pohon fir dan spruce mempunyai karakteristik berupa ranting dan daun yang tumbuh sepanjang batang pohon. Ranting dan daun yang tumbuh di batang komponen bawan cirinya lebih tebal dan panjang, kemudian kian memendek dan mengerucut pada puncak pohonnya.

Sementara itu, pohon cemara yakni pohon yang berasal dari genus Cupressus dari familia Cupressaceae. Cemara mempunyai karakteristik daun yang beruas dan nampak seperti jarum pendek yang tumbuh secara terpisah. Ruas daun cemara menyusun semacam silinder dengan ujung bulat, berbeda dengan pohon fir atau pohon spruce yang mempunyai daun beruas yang terbuka lebar dan pipih.

Di Indonesia, pohon pinus disebut juga pohon tusam. Pohon ini berasal dari famili yang sama dengan pohon fir dan pohon spruce, ialah famili Pinaceaedengan genus pinus.

Pinus atau tusam sesuai tumbuh di tempat dataran tinggi. Tusam mempunyai karakteristik batang yang retak-retak dan daun yang menyatu menyusun kumpulan jarum panjang. Daun pinus yang tumbuh berada pada dahan atau ranting pada batang komponen tengah.

Taksonomi

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Gmnospermae
  • Ordo  : Conifer
  • Famili : Pinaceae
  • Genus  : Pinus
  • Spesies : Pinus merkusii Jungh. et de Vriese

Pohon pinus lazimnya tumbuh dan berkembang secara bergerombol. Situasi tanah yang sesuai untuk pinus, ialah tanah asam, berpasir, dan mempunyai serapan air yang bagus. Wilayah hutan hal yang demikian bisa ditemukan di tempat dataran tinggi dan bersuhu 18⁰ C sampai -3⁰ C.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *