Pohon Kelapa – Taksonomi, Morfologi, Manfaat Buah & Budidaya

Pohon Kelapa – Taksonomi, Morfologi, Manfaat Buah & Budidaya

Jul 14, 2022 by admin

Pohon Kehidupan atau “The Tree Of Life”, julukan itu disematkan terhadap tanaman kelapa (Cocos nucifera L) sebab hampir segala komponen yang ada pada tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Mulai dari akar sampai bunga kelapa bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan, dapat untuk konsumsi, farmasi, bahan bakar hinnga kerajinan tangan. Olahan daging kelapa telah sungguh-sungguh awam kita dapatkan sebagai bahan kudapan tradisional dari beragam tempat di Indonesia. Seperti figur pada rendang yang pernah menduduki peringkat pertama World’s Best Food versi CNN Travel, bahan utama dari bumbu rendang merupakan kelapa.

Seandainya kita observasi pohon yang akan senantiasa kita temui di tiap sudut kawasan di Indonesia merupakan kelapa. Hal itu sebab pohon kelapa pantas tumbuh di tempat beriklim tropis dan tanah yang pas untuk penanaman kelapa merupakan tanah berpasir , berabu gunung, tanah berliat dan cahaya sang surya banyak minimal 120 jam perbulan. Oleh sebab itu tak heran kalau pohon kelapa tumbuh sungguh-sungguh bagus di tempat pesisir pantai. Spesialis botani memperkirakan buah kelapa yang jatuh di pesisir pantai kepulauan-kepulauan menyebar terbawa arus lalu tumbuh di pesisir pantai yang lain.

Pohon kelapa merupakan tanaman autentik tempat tropis. Tumbuhan ini hampir senantiasa bisa ditemukan di wilayah sepanjang garis khatulistiwa. Kecuali tumbuh liar, pohon kelapa juga tumbuh subur dengan melewati pembudidayaan. Jadi jangan heran, jikalau kelapa juga banyak ditemukan di semua penjuru Indonesia, mulai dari tempat pantai yang datar sampai tempat pegunungan yang tinggi.

Meski di wilayah padat penduduk seperti Pulau Jawa dan juga Bali. Pada biasanya pohon kelapa lebih banyak ditanam di tanah tegalan atau pelataran. Sementara di tempat dengan kepadatan penduduk lebih rendah, seperti tempat transmigrasi, pohon ini lebih banyak ditanam di lahan terbuka dan lebih luas dengan pola monokultur.

Mengetahui Pohon Kelapa
Pohon kelapa mempunyai nama ilmiah Cocos Nucifera yang termasuk dalam marga Cocos dari suku Arecaceae. Hampir semua komponen dari tumbuhan ini bisa sehingga tidak heran jikalau banyak yang menyebutnya sebagai tanaman serbaguna. Apalagi bagi masyarakat yang mendiami wilayah pesisir pantai, semua komponen pohon ini bisa dipakai untuk beragam kebutuhan.

Komponen-komponen yang berkhasiat dari untuk kehidupan manusia mencakup buah kelapa untuk bahan makanan atau minuman, alat rumah tangga, bahan bangunan, dan lainnya. Seumpama merupakan komponen batok yang dapat dimanfaatkan sebagai arang batok, buahnya untuk bahan dasar santan, minyak kelapa, serta campuran bermacam-macam olahan makanan.

Kecuali itu, daunnya juga dapat dihasilkan bahan dasar untuk pembuatan sapu lidi.

Taksonomi Kelapa
Taksonomi atau kategori ilmiah tumbuhan kelapa merupakan sebagai berikut:

  • Kingdom Plantae
  • Sub kingdom Tracheobionta
  • Sub divisi Spermatophyta
  • Divisi Magnoliophyta
  • Kelas Liliopsida
  • Sub kelas Arecidae
  • Ordo Arecales
  • Famili Arecaceae
  • Genus Cocos
  • Spesies Cocos Nucifera L.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *