Mengetahui Pohon Bidara – Taksonomi, Morfologi, Manfaat & Metode Tanam

Mengetahui Pohon Bidara – Taksonomi, Morfologi, Manfaat & Metode Tanam

Jul 22, 2022 by admin

Pohon bidara merupakan ragam tumbuhan berkayu kecil yang diandalkan cakap mengusir makhluk halus. Tanaman ini mempunyai ciri tumbuh rimbun menyerupai format payung. Format morfologi hal yang demikian yaitu penyesuaikan diri tumbuhan dengan habitat hidupnya pada lingkungan kering.

Nama pohon bidara mulai populer di masyarakat sesudah diketahui sebagai tanaman yang diandalkan bisa mengusir imbas jin kepada manusia. Kecuali manfaat mistis hal yang demikian, ada banyak sekali khasiat lain dari komponen-komponen tumbuhan bidara. Oleh karena itu, tanaman ini mulai banyak ditanam dan dipelihara oleh masyarakat.

Taksonomi
Pohon bidara termasuk kategori tumbuhan berkayu meskipun ukuran kayu batangnya relatif kecil, sehingga terlihat seperti golongan perdu. Secara global tanaman ini diketahui dengan sebutan Chinese Apple, Indian Plum, dan Jujube. Penamaan hal yang demikian menurut habitat pohon bidara yang berasal dari wilayah Asia.

Indonesia menjadi wilayah yang layak untuk pertumbuhan bidara juga mengetahui pohon bidara dengan istilah lain. Contohnya masyarakat Jawa dan Sunda menyebutnya sebagai widara, di Bali diketahui dengan nama bekul, dan oleh masyarakat Sumba disebut kalangga.

Berikut ini merupakan taksonomi atau kategori ilmiah tumbuhan bidara, merupakan:

  • Kingdom Plantae
  • Divisi Magnoliophyta
  • Kelas Magnoliopsida
  • Ordo Rosales
  • Famili Rhamnaceae
  • Genus Ziziphus
  • Spesies Ziziphus mauritiana

Menangkal Radikal Bebas
Manfaat pohon bidara yang pertama untuk menangkal radikal bebas. Buah bidara mempunyai kegiatan antioksidan yang amat kuat sebab adanya pelbagai senyawa bioaktif di di dalamnya. Seperti yang Anda tahu, antioksidan amat dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek radikal bebas yang berisiko merusak sel-sel tubuh dan memicu pelbagai dilema kesehatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat pohon bidara yang kedua merupakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada 100 g buah bidara bisa memenuhi hampir 100% keperluan vitamin C harian. Vitamin ini penting untuk menunjang daya kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi atau mewujudkan antibodi. Imunitas yang bagus juga bisa melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti kanker.

Merawat Rambut
Manfaat pohon bidara yang keempat untuk merawat rambut. Daun bidara diandalkan bisa diaplikasikan untuk merawat rambut. Daun ini diukur bisa mencegah kerontokan dan membikin rambut menjadi lebih kuat. Anda cukup memakai air rebusan daun bidara sebagai hair tonic untuk memperoleh manfaatnya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *