6 Universitas Jurusan Arkeologi yang ada di Indonesia

Sudah baca berita penemuan mumi Mesir kuno wanita yang sedang hamil 7 bulan? Penemuan ini jadi kasus pertama mumi kuno yang hamil dengan suasana terawat baik di dunia, lho. Menakjubkan banget ya?

Penemuan mumi beserta dengan peninggalannya sebetulnya jadi tidak benar satu penemuan yang paling menggemparkan di dunia. Tak cuma mumi, beraneka penemuan berasal dari zaman dahulu sering membuat kita terkagum-kagum.

Nah, penemuan-penemuan berasal dari zaman kuno atau purbakala slot server kamboja no 1 ini tak terlepas berasal dari keahlian para arkeolog, lho. Yap, ilmu arkeologi sebetulnya mengupas kehidupan manusia serta kebudayaan di masa lampau. Teknik penelitian yang dijalankan adalah lewat survei dan penggalian atau ekskavasi. Maka berasal dari itu, para arkeologi pakar inilah yang berperan mendapatkan peninggalan-peninggalan bersejarah berasal dari masa lampau. Gimana, kamu tertarik dengan profesi ini? Simak dulu yuk Info lengkap tentang jurusan Arkeologi yang ada di Indonesia tersebut ini.

Mengenal Jurusan Arkeologi

Kamu tetap senang gagal move-on? Nah, kayaknya jurusan yang satu ini tepat membuat kamu. Sebab, di jurusan ini kamu akan banyak mengupas kehidupan dan kebudayaan kuno di masa lalu lewat benda peninggalannya.

Selama berkuliah, kamu akan mempelajari budaya manusia berasal dari beraneka zaman dengan memadukan ilmu sejarah dan ilmu geologi.

Jadi, mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak RTP belajar mengenai sejarah-sejarah kebudayaan berasal dari beraneka jenis benda peninggalan masa lalu, seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di beraneka tempat.

Kamu akan banyak menganalisis mengenai peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengupas peninggalan purbakala, sampai mengira-ngira berapa usia artefak yang ada. Nah untuk mempelajari seluruh ini, sudah pasti kamu akan banyak traveling untuk mencari sadar budaya berasal dari masa lampau. Seru ‘kan?

Mata Kuliah Jurusan Arkeologi

Tak cuma mempelajari sejarah budaya berasal dari beraneka benda peninggalan masa lalu, di jurusan ini kamu termasuk akan belajar menganalisis artefak. Kamu akan diajarkan bagaimana cara meneliti fakta sejarah di balik artefak, menaksir usia artefak, melaksanakan ekskavasi artefak purbakala, sampai mempelajari pengorganisasian museum. Kamu termasuk akan belajar gerak pindahan berasal dari manusia purba untuk memperkirakan pergantian evolusinya.

Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

1. Arkeolog

Banyak nih yang tetap berasumsi lulusan Arkeologi susah meraih pekerjaan. Salah banget! Ada banyak kesempatan kerja yang sanggup kamu cobalah sesudah lulus. Pertama, kamu sanggup jadi arkeolog atau pakar di bidang arkeologi. Kamu sanggup meneliti barang peninggalan sejarah, seperti artefak, fosil, bangunan, sampai teks dan dokumen kuno.

2. Reporter atau Jurnalis

Kamu termasuk sanggup bekerja sebagai reporter atau jurnalis yang menulis mengenai barang peninggalan sejarah di tempat terkenal, seperti National Geographic. Dengan jadi jurnalis, kamu pun berkesempatan untuk keliling dunia untuk mendapatkan dan mempelajari fosil-fosil, lho.

3. Pengelola Museum

Selain itu, kamu termasuk sanggup bekerja sebagai manajer atau pengelola museum yang bertugas merawat benda-benda bersejarah serta mengelola museum agar sanggup meraih lebih banyak pengunjung.

4. Pemandu Wisata Sejarah

Bagi kamu yang suka traveling, kamu termasuk sanggup bekerja di industri pariwisata sebagai pemandu wisata khusus area bersejarah, seperti candi, museum, dan bangunan peninggalan sejarah lainnya. Kamu pun berkesempatan untuk berkunjung ke beraneka area bersejarah di seluruh dunia, lho.

Daftar PTN Jurusan Arkeologi

Bagi kamu yang berminat belajar ilmu arkeologi, ada banyak pilihan jurusan arkeologi paling baik di Indonesia. Berikut ini sejumlah universitas yang terhubung program belajar arkeologi yang sanggup Anda pilih.

  • Universitas Gadjah Mada Jogja
  • Universitas Jambi
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Indonesia (UI) Depok
  • Universitas Udayana
  • Universitas Halu Oleo

Bagi kamu yang senang kuliah, pemilihan jurusan kuliah terlalu penting. Diantara pilihan jurusan kuliah, mungkin kamu sanggup perhitungkan untuk memilih jurusan arkeologi. Namun pastikan kamu miliki minat yang besar pada penemuan, pengungkapan dan mengupas benda-benda artefak purbakala yang bersejarah. Karena itu yang akan kamu geluti waktu menyita jurusan arkeologi.

Mereka yang mempelajari ilmu arkeologi maka disebut termasuk arkeolog. Mereka akan terbiasa terjun ke lapangan untuk meneliti peradaban manusia lampau berkat bukti artefak pada peradabannya. Yang mempelajari ilmu arkeologi akan terbiasa untuk melanglang buana ke penjuru dunia mencari dan mendapatkan bukti otentik mengenai kehidupan pada masa purbakala yang sudah ribuan th. yang lampau.

Mereka yang menyita jurusan arkeologi di universitas akan jadi seolah-olah sosok Indiana Jones yang berpetualang dalam pencarian area situs kuno dan jejak-jejak peradaban kuno seperti artefak yang sanggup dikaji lewat ilmu arkeologi.