7 Prospek Kerja Jurusan Farmasi yang Sangat Menjanjikan

Prospek Kerja Jurusan Farmasi yang Sangat Menjanjikan

greenkidsbekasi.com – Sebagai program studi yang mempelajari tentang obat-obatan, memang candy bonanza apa saja sih prospek kerja farmasi yang dapat ditekuni di masa mendatang? Menjadi apoteker terkesan sudah menjadi pekerjaan yang terlintas pertama kali di di dalam benakmu. Sebenarnya masih banyak lagi loh prospek kerja farmasi lainnya yang menjanjikan. Yuk, kenali prospek kerja farmasi lainnya yang dapat kamu laksanakan setelah lulus kuliah nanti.

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Berikut prospek kerja jurusan farmasi yang kudu kamu ketahui!

1. Lembaga pemerintah

Prospek kerja farmasi berikutnya adalah kamu dapat bekerja di instansi pemerintahan. Sebagai mahasiswa dragon tiger lulusan farmasi, sudah pasti untuk dapat bekerja di instansi resmi pemerintahan terlebih yang mengurus pelegalan obat dan makanan atau BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Kamu akan bersaing bersama banyak pelajar lainnya di seluruh Indonesia. Buat kamu yang dambakan bekerja di BPOM, kisaran gaji yang akan kamu dapatkan adalah Rp2,5 juta hingga Rp16 juta per bulan bergantung bersama jabatan yang kamu miliki.

2. Farmasi Industri

Prospek kerja farmasi yang pertama adalah bekerja di bidang farmasi industri. Kamu akan bekerja pada bagianĀ research plus developmentĀ (R&D) untuk menentukan formula, tehnik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan-bahan baku di dalam membuat obat. Para pekerja di bidang farmasi industri terima kisaran gaji merasa berasal dari Rp4 juta hingga Rp8 juta per bulan.

3. Pengusaha

Prospek kerja farmasi yang setelah itu adalah menjadi seorang pengusaha. Siapa bilang mahasiswa lulusan farmasi gak dapat menjadi pengusaha? Kamu mempunyai banyak kesempatan untuk dapat mengakses usaha apotek sekaligus menjadi apoteker di tempat kamu sendiri.

Untuk mengakses apotek, tersedia lebih dari satu syarat spesifik yang kamu butuhkan. Misalnya, surat permohonan izin usaha apotek, surat penugasan, surat sumpah apoteker, surat izin farmasi, hingga surat notaris dan lain-lainnya.

4. Dunia pendidikan

Prospek kerja farmasi yang ke-2 adalah kamu dapat bekerja di dunia pendidikan nih. Khususnya membuat kamu yang mempunyai minat di dalam bidang pendidikan, kamu termasuk dapat menjadi guru atau dosen yang fokus di mata kuliah jurusan farmasi.

Namun, untuk menjadi seorang dosen, kamu kudu menempuh pendidikan sekurang-kurangnya S2 di bidang farmasi. Besaran gaji yang akan kamu terima pada umumnya bergantung berasal dari jam mengajar, tapi lebih kurang lebih kurang Rp 4 juta per bulan tanpa tunjangan dan lain sebagainya.

5. Rumah sakit, apotek, dan laboratorium klinik

Peluang atau prospek kerja farmasi berikutnya adalah bekerja di layanan kesehatan. Bidang utama yang beri tambahan kesempatan besar bagi lulusan farmasi tersedia pada bidang layanan kesehatan andaikata tempat tinggal sakit, apotek dan termasuk laboratorium klinik. Untuk menjadi seorang apoteker profesional lulusan farmasi kudu mengambil pendidikan profesi apoteker selama 2 semester bersama jangka selagi 1 tahun.

6. Bekerja di sektor swasta

Prospek kerja farmasi setelah itu adalah kamu dapat bekerja di sektor swasta. Ada bermacam perusahaan swasta yang dapat bergerak di bidang farmasi sudah pasti bersama bekal pengetahuan dan latar belakang pendidikan yang kamu mempunyai nanti.

Kamu dapat bergabung di bermacam divisi yang memang sesuai bersama skill dan kemampuanmu ya. Untuk penghasilan yang bekerja di sektor swasta lebih kurang Rp4 juta hingga Rp8 juta per bulan.

7. Bagian administrasi pelayanan obat

Prospek kerja farmasi setelah itu adalah kamu dapat bekerja sebagai anggota administrasi pelayanan obat di instansi pemerintah. Sebagai mahasiswa lulusan farmasi sudah pasti kamu gak hanya berurusan serupa obat-obatan. Kamu termasuk akan mengurus seluruh hal tentang makanan, minuman, hingga kosmetik. Misalnya, lebih dari satu makanan yang ternyata mengandung bahan kimia dan zat terlarang lain yang hanya ahli yang tahu.